Hati-hati, Ini 4 Akibat Pasien TBC Tidak Minum Obat Teratur

img
Ilustrasi obat-obatan.

KOMPAS.com - Setiap pasien tuberkulosis (TBC) membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, dan sahabat agar bisa sembuh total.

Selain dukungan, orang terdekat juga berperan sebagai Pengawas Menelan Obat (PMO) untuk pasien TBC. Mereka dapat membantu untuk menjaga dan mengawasi tahap demi tahap pengobatan pasien TBC agar teratur dalam meminum obatnya.

Dalam artikel sebelumnya sudah disebutkan bahwa pasien TBC harus menjalani pengobatan, seperti minum obat secara teratur dan tuntas selama 6 hingga 24 bulan sesuai batas waktu yang sudah ditentukan oleh dokter. Dengan waktu yang panjang tersebut, pasien TBC membutuhkan dukungan agar pengobatan yang dilakukan bisa berjalan secara teratur.

Jika obat yang sudah disarankan dokter tidak diminum secara teratur atau tuntas, risiko yang diderita pasien TBC bisa berakibat serius. Ini empat akibatnya.

  • Pasien TBC dapat menularkan penyakit TBC kepada orang lain yang berada di dekatnya, terutama pada orang yang tinggal serumah dengannya.
  • Penyakit TBC yang ada di dalam tubuh pasien akan semakin sulit untuk diobati, dikarenakan bakteri TBC menjadi kebal terhadap obat TBC. 
  • Pengobatan pasien TBC yang sudah kebal terhadap obat akan memakan waktu semakin lama dan belum bisa dilakukan di semua fasilitas kesehatan primer yang tersedia.
  • Pasien TBC harus mengulang pengobatan dari awal dengan jumlah obat yang lebih banyak.

Berdasarkan 4 akibat yang sudah disebutkan di atas, maka pasien TBC dan orang-orang terdekatnya harus mengetahui kunci keberhasilan pengobatan TBC, yaitu tepat waktu, tepat cara, dan tepat dosis.

Cegah TBC

Apa pun penyakitnya, termasuk TBC akan lebih baik untuk dicegah daripada diobati. Karenanya, Anda yang mempunyai gejala umum seperti batuk berdahak terus-menerus selama 14 hari atau lebih disarankan untuk cek ke dokter segera.

Adanya pandemi Covid-19 juga bukan alasan untuk Anda tidak memeriksakan diri. Perlu diketahui, gejala umum TBC mirip dengan Covid-19. Anda perlu mengeceknya ke dokter untuk hasil yang lebih akurat. 

Untuk identifikasi awal, ketahui gejala TBC sejak dini melalui #141CekTBC atau mengunjungi situs: https://141.stoptbindonesia.org dan https://tbindonesia.or.id/.

Selain informasi mengenai TBC, siitus tersebut memuat  fitur Pengingat 141CekTBC yang bisa membantu Anda untuk menandai berapa lama gejala batuk berlangsung. Jika sudah mencapai 14 hari atau lebih, Anda akan mendapatkan pesan pengingat untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Ke depan, situs juga akan dilengkapi dengan fitur Chatbot 141CekTBC. Fitur ini dapat digunakan oleh Anda untuk mendapatkan informasi soal TBC dan cara pencegahannya. Selain itu, fitur juga akan membantumu untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan sudah terhubung dengan dokter melalui Halodoc, serta komunitas peduli TBC terdekat.

Perlu diingat bahwa Anda harus ke dokter untuk mengetahui dan memastikan jenis pemeriksaan yang diperlukan. Tidak perlu khawatir soal biaya, pemeriksaan TBC disediakan gratis di fasilitas kesehatan pemerintah dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:

14 Hari Batuk Tak Reda? 1 Solusi, Cek Dokter Segera!

Website:                                  https://141.stoptbindonesia.org dan https://tbindonesia.or.id

Instagram/Twitter/Facebook: Stop TB Partnership Indonesia

Whatsapp:                               (+628119961141)

Website:                                  tbindonesia.or.id

Twitter:                                   @tbc.indonesia

Facebook:                                TB Indonesia

Youtube:                                  TB Indonesia

Kembali ke Halaman Awal
infografik
  • Kenali, Sadari serta Cegah TBC
    dari sekarang dengan #141CekTBC #TOSSTBC
  • 14 Hari Batuk Tak Reda?
    1 Solusi, Cek Dokter Segera!
  • Chatbot via
    Whatsapp

    Chatbot via
    Website

    Pengingat
    141

    Website
    TB Indonesia

    Informasi
    Lainnya

  • Klik Untuk Tahu Lebih Lanjut

    cursor icon
infografik
  • Kenali, Sadari serta Cegah TBC
    dari sekarang dengan #141CekTBC #TOSSTBC
  • 14 Hari Batuk Tak Reda?
    1 Solusi, Cek Dokter Segera!
  • Chatbot via
    Whatsapp

    Chatbot via
    Website

    Pengingat
    141

    Website
    TB Indonesia

    Informasi
    Lainnya

  • Klik Untuk Tahu Lebih Lanjut

    cursor icon