Lakukan 3 Hal Ini untuk Mencegah Terinfeksi TBC

img
Ilustrasi wanita sedang minum obat.

KOMPAS.com – TBC merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru-paru. Infeksi bakteri tersebut memiliki dampak serius dan berpotensi memperburuk kondisi paru-paru.

Namun sayang, penyakit ini jarang disadari penderitanya karena biasanya tidak menyebabkan gejala serius pada tahap awal infeksi.

Seseorang biasanya baru menyadari dirinya menderita TBC ketika tahap infeksi sudah lebih parah dan gejala lebih berat muncul, seperti batuk disertai bercak darah, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, serta demam.

Sebagai informasi, TBC juga tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga organ lain. Kondisi ini dapat terjadi ketika penderitanya memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan sistem imun yang lemah. 

Tentunya, Anda tidak ingin mengalami dampak buruk TBC terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” sebaiknya diterapkan.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi TBC adalah menjaga kekuatan sistem imun. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempertebal daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri penyebab TBC. Apa saja?

1. Memasak makanan dengan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan membantu membentuk sistem imun yang kuat. Demi memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan diolah dengan cara sehat, Anda dapat memasak sendiri menu harian.

Dengan memasak sendiri, Anda dapat memilih dan memastikan bahan makanan yang digunakan juga baik kualitasnya. Tak hanya itu, aktivitas belanja dan memasak juga dapat membuat mood menjadi lebih baik dan membantu mengelola stres sehingga imun tubuh semakin tinggi.

Namun, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan apabila Anda memilih berbelanja secara offline atau mendatangi pasar tradisional dan supermarket. Jika ingin melakukan cara yang lebih mudah, Anda juga dapat membeli bahan-bahan tersebut secara online.

2. Rutin membersihkan rumah

Aktivitas ini akan membuat Anda bergerak dan mengeluarkan banyak tenaga. Seperti diketahui, menjaga agar tubuh tetap aktif meski berada di rumah saja akan membuat stamina tetap terjaga.

Salah satu aktivitas membersihkan rumah yang bisa dilakukan adalah menjemur kasur. Menjemur kasur di bawah sinar matahari dapat menghilangkan tungau yang menempel di kasur, serta membunuh bakteri TBC.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjemur kasur secara rutin. Anda bisa menjamur kasur setiap satu minggu sekali, dua minggu sekali, atau bisa satu bulan sekali. Aktivitas ini bisa membuat Anda terhindar dari penyakit TBC.

3. Identifikasi TBC secara mandiri

Terlepas dari berbagai aktivitas yang sudah disebutkan sebelumnya, perlu diketahui bahwa kesadaran dan kepekaan akan kondisi kesehatan pribadi juga penting untuk dimiliki. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi infeksi TBC sejak dini sehingga lebih mudah diobati.

Apabila Anda menemukan gejala yang identik dengan TBC, seperti batuk berdahak terus-menerus selama 14 hari atau lebih, segera kunjungi dokter untuk mengecek kondisi kesehatan.

Anda juga dapat mengikuti kampanye #141CekTBC untuk memperoleh informasi mengenai gejala-gejala dini TBC.

Edukasi mengenai gejala-gejala TBC dapat diperoleh dengan mengunjungi situs https://141.stoptbindonesia.org atau https://tbindonesia.or.id/.

Melalui situs tersebut, Anda bisa mengidentifikasi gejala TBC lebih awal. Anda bisa menggunakan beberapa fitur yang tersedia di sana.

Salah satunya adalah fitur Chatbot 141CekTBC yang akan segera hadir pada situs web tersebut.  Fitur itu dapat membantu Anda mengetahui informasi soal TBC dan cara pencegahannya. Anda juga bisa mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan, terhubung dengan dokter melalui Halodoc, serta komunitas peduli TBC terdekat.

Untuk mendeteksi TBC lebih awal, Anda bisa menggunakan fitur Pengingat 141CekTBC untuk menandai berapa lama gejala batuk yang dialami sudah berlangsung. Jika batuk belum reda hingga mencapai hari ke 14 atau lebih, Anda akan mendapatkan pesan pengingat untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu diingat bahwa untuk mengetahui dan memastikan jenis pemeriksaan yang diperlukan, konsultasi dengan dokter diperlukan. Anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Tidak perlu khawatir mengenai biaya, pemeriksaan TBC disediakan gratis di fasilitas kesehatan pemerintah melalui layanan BPJS Kesehatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:

14 Hari Batuk Tak Reda? 1 Solusi, Cek Dokter Segera!

Website:                                  https://141.stoptbindonesia.org dan https://tbindonesia.or.id

Instagram/Twitter/Facebook: Stop TB Partnership Indonesia

Whatsapp:                               (+628119961141)

Website:                                  tbindonesia.or.id

Twitter:                                   @tbc.indonesia

Facebook:                                TB Indonesia

Youtube:                                  TB Indonesia

Kembali ke Halaman Awal
infografik
  • Kenali, Sadari serta Cegah TBC
    dari sekarang dengan #141CekTBC #TOSSTBC
  • 14 Hari Batuk Tak Reda?
    1 Solusi, Cek Dokter Segera!
  • Chatbot via
    Whatsapp

    Chatbot via
    Website

    Pengingat
    141

    Website
    TB Indonesia

    Informasi
    Lainnya

  • Klik Untuk Tahu Lebih Lanjut

    cursor icon
infografik
  • Kenali, Sadari serta Cegah TBC
    dari sekarang dengan #141CekTBC #TOSSTBC
  • 14 Hari Batuk Tak Reda?
    1 Solusi, Cek Dokter Segera!
  • Chatbot via
    Whatsapp

    Chatbot via
    Website

    Pengingat
    141

    Website
    TB Indonesia

    Informasi
    Lainnya

  • Klik Untuk Tahu Lebih Lanjut

    cursor icon